Tandangan PETISI

Image Sidebar 300x200-01

ditandatangani lebih dari

75.600

dengan menandatangani petisi ini kamu telah

awasomnibuslaw.org

Waspadai Terus Omnibus Law
AYO BERSUARA SEKARANG!
KIRIM TWEET
Suarakan Aksimu!
DPR RI Segera Hentikan Pembahasan Omnibus Law dan Rencana Obral Tanah Air Indonesia
TANDATANGAN PETISI

Kajian Sektor Pencari Kerja, Masyarakat Perkotaan, Kelas Menengah

Bagi pencari kerja, kelas menengah, dan masyarakat yang tinggal di perkotaan, kemudahan dan kelonggaran bagi perusahaan untuk mempekerjakan tenaga kerja asing menyebabkan angkatan kerja Indonesia akan bersaing dengan tenaga kerja asing. Selain itu, dihilangkannya ancaman pidana bagi penyelenggara pendidikan yang menerbitkan ijazah, sertifikat, dan gelar akademik palsu menyebabkan lulusan universitas dan sekolah kejuruan akan berkompetisi dengan pemegang sertifikat profesi dan ijazah bodong. Ditambah lagi, dirampasnya ruang hidup secara masif dan hilangnya mata pencaharian tradisional masyarakat adat dan lokal di pedesaan menambah angkatan kerja baru yang tidak terserap sektor formal, yang berujung pada meningkatnya jumlah pengangguran secara signifikan.

Selain aturan berkaitan dengan ketengakerjaan, kemudahan perijinan untuk pembangunan gedung membahayakan penduduk yang bekerja di kawasan perkotaan. Selain hilangnya instrumen kontrol dan upaya hukum atas penggusuran paksa masyarakat kota, kasus gedung roboh yang memakan korban akan makin sering terjadi dengan dilonggarkannya persyaratan yang berkaitan dengan kelayakan bangunan gedung, termasuk persyaratan keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.

Berikut kajian-kajian terkait dampak RUU Cipta Kerja terhadap Pencari Kerja, Masyarakat Perkotaan, dan Kelas Menengah:

  • YLBHI – LBH Jakarta (2020) Omnibus Law Cipta Kerja: Obsesi Pembangunan yang Merampas Ruang dan Mengorbankan Pekerja (hlm. 26-35) [UNDUH DISINI]

Sebarkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on google
Google+

SUARAKAN AKSIMU!

Ikuti terus perkembangan terbaru atas Omnibus Law di Indonesia

Simak Lebih Lengkap